Rabu, 08 Mei 2019

Ternyata Tegel Keramik Mulai Dikenal Era 1970 Loh

Material penutup lantai saat ini tambah beraneka, dimulai dari keramik, semen, marmer sampai kayu. Di Indonesia keramik serta tegel semen adalah bahan yg digemari banyak orang serta umum dimanfaatkan dalam rumah atau perkantoran. Tegel yg terbuat berbahan semen serta keramik dimanfaatkan jadi bahan pilihan pelapis rumah yg murah. Pada kala itu rumah-rumah pedesaan di Indonesia sejumlah besar masih berlantai tanah. Tentulah lantai yang menyentuh tanah tak ringan dibuat bersih dan jauh dari pantas lantaran lantai yg condong lembab.

Biar kesehatan penghuninya terbangun, praktis pada kala itu penduduk melapisi lantai dengan semen atau tegel. Akan tetapi, lantaran harga tegel semen yg terlalu mahal, jadi dimanfaatkan bahan pilihan lain yg tambah murah serta banyak diketemukan ialah keramik. Mulai digemari banyak orang sejak mulai 70-an Harian Kompas, 8 Februari 1975 menuturkan, keramik adalah bahan substitusi yg dianggap tambah murah ketimbang dengan lantai tegel semen.

Bahan ini pun dimanfaatkan jadi substitusi tegel semen lantaran harga nya yg tambah murah. Tegel yg terbuat berbahan keramik sendiri baru digemari banyak orang pada dekade 70-an. Akan tetapi penggunanaannya sendiri udah lebih lama dari itu, ialah kala Perang Dunia II. Di Indonesia, tegel keramik yg digemari banyak orang merupakan tegel gerobah atau erthenware serta bukan stoneware atau porselin. Pada kala itu tegel keramik dibagi berubah menjadi dua ialah tegel berkwalitas rendah serta berkwalitas tinggi. Tegel keramik berkwalitas rendah, merupakan tegel yg membuatnya tiada pres serta dibakar dalam tungku bersuhu rendah.

Read More : keramik dinding kamar mandi

Dan tegel dengan kwalitas tinggi adalah tegel yg proses membuatnya melalui langkah pres dan dibakar dengan tungku bertekanan tinggi. *** Local Caption *** Keramik Produksi Indonesia Udah Bisa Geser Import. Pabrik Keramik -- Aktivitas dalam sesuatu pabrik pembuatan keramik di Jakarta. Keramik produksi Indonesia, baik buat lantai atau dinding, akhir- akhir ini udah bisa merubah produk sama dengan import. Kwalitasnya lantas bahkan juga ada yg udah bisa beradu dengan hasil luar negeri.

Dan dari sisi harga, keramik dalam negeri jauh dibawah harga hasil luar negeri. Berkenaan berita dimuat Selasa, Kompas 19-04-1988, 2 Judul Amplop : Pabrik Keramik (Chrys Kelana) Berapakah biayanya? Pada kala itu harga per mtr. tegel keramik dengan kwalitas rendah merupakan Rp 75. Dan tegel yg punyai kwalitas tambah tinggi dihargai Rp 400. Sesaat tegel semen dengan kwalitas rendah berharga Rp 200, Angka ini jauh apabila ketimbang dengan tegel berkwalitas tinggi yg dihargai Rp 750.

Bahkan juga ongkos pemasangan tegel keramik sendiri cuma seperempat harga ketimbang dengan pemasangan tegel semen. Dari sisi ketahanan, tegel keramik berkwalitas tinggi bisa bertahan sampai lima hingga sepuluh tahun. Bahan tegel keramik Bahan basic tegel keramik merupakan lempung (jawa). Tanah yg dimanfaatkan merupakan tanah yang memiliki kandungan clay-substance atau kaolin. Kaolin adalah kandungan mineral yg diketemukan di Dengan cara praktis, dimana ada pembuatan bata serta genting, jadi tempat itu bisa juga berubah menjadi tempat pembuatan keramik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar