Kamis, 27 Juni 2019

8 Nomor Balap Sepeda, Kebutuhan Peralatan, dan Harga Sepeda Yang Digenjot Beberapa Olahragawan

Lomba balap sepeda Tur de France sebagai arena paling berprestise buat beberapa profesional. Akan tetapi dibalik pertarungan beberapa pebalap, Tur de France pun jadi panggung buat produsen sepeda dunia.

Pelatih timnas balap sepeda, Dadang Haris, menyampaikan sepeda bersama-sama technologi yang mendukung berubah menjadi faktor krusial. Tiap nomer kompetisi, katanya, punyai kepentingan serta ciri-ciri sepeda yang berlainan. Paling tidak ada dua elemen penting dalam sepeda yang perlu jadi perhatian, ialah rangka sepeda (frame) serta roda. " Dalam soal ongkos pasti terkait dari kwalitas, " katanya terhadap Tempo, Selasa, 21 Mei 2019.

Olahragawan balap sepeda Indonesia, Ayustina Delia. (instagram/@ayustinadelia)

Kalau menunjuk terhadap organisasi balap sepeda internasional (Union Cycliste Internationale) ada delapan nomer balap yang ditandingkan. Mereka yaitu jalan raya (road) , sepeda gunung (mountain bike) , BMX tipe bebas, cyclo-cross, trek, BMX racing, trials, serta indoor.

Jadi contoh, ujar Dadang, di nomer jalan raya, sepeda yang punyai berat mudah bisa jadi prioritas penting buat beberapa olahragawan. Menurutnya, supaya memperoleh ciri-ciri tunggangan yang dibutuhkan olahragawan kadang-kadang lakukan modifikasi. " Supaya sepedanya mudah mereka cari part (suku cadang) dari sepeda lain, " katanya.

Artikel Terkait : sepeda balap united

Tindakan olahragawan balap sepeda Indonesia, Tiara Andini Prastika kala tampil dalam Final Run Women Elite Downhill pada Asian Games 2018 di Khe Bun Hill, Subang, Jawa Barat, Senin, 20 Agustus 2018. Tiara sempat mengelami luka jari telunjuk tangan kanan kala bertanding dalam Kejuaraaan Asia 2017.

Dadang menyebutkan pada umumnya harga satu unit sepeda di nomer lintasan waktu ini sekitar Rp 250 juta. Harga rangkanya rata-rata dibandrol Rp 75 juta serta roda depan dan belakang sampai Rp 100 juta. " Bila pemakai sepeda harian mengatakannya sepeda style fixie hanya karena single gear, " katanya.

Dan di nomer mountain bike, ia meneruskan, elemen penting sebagai pendukung terdapat di shock breaker. Menurut Dadang, harga shock breaker yang standard dimanfaatkan sampai Rp 75 juta. " Itu kebolehannya telah bagus, " ujarnya.

Satu orang pria memonitor sepeda Tramac yang dimanfaatkan Vincenzo Nibali kala memenangkan Tur de France 2014 dalam pembukaan Museum Marin Sepeda gunung Hall of Fame di Fairfax, California, 6 Juni 2015. Beberapa ratus pengunjung mendatangin pembukaan Museum Sepeda Marin yang mempertunjukan 200 tahun sepeda bersejarah. Justin Sullivan/Getty Images

Mencuplik situs Fortune harga sepeda yang digenjot beberapa olahragawan balap sepeda profesional di trek Tur de France beragam. Rata-rata satu unit sepeda dengan technologi pendukung paling baru sampai US$ 12. 500 atau kurang lebih Rp 175 juta (kurs Rp 14. 000 per dolar Amerika) . " Produsen tempatkan pengendara pada sepeda aerodinamis yang ditambahkan cakram rem dengan kokpit terpadu penuh, " catat Fortune.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar